Claudhy Fitria. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Musik, Cinta dan Drama Realita Remaja

Bagi mereka remaja yang sedang bahagia karena ada perasaan cinta maka musik menjadi luapan emosi kebahagiaan dan keceriaan, seakan dunia penuh warna. Namun bagi mereka yang sedang bersedih atau mungkin mengingat hubungan dengan“si doi” dan terlarut dalam perasaan maka musik juga makin memperkuat rasa kesedihan itu. Bukan berari lho lagu yang mellow alias melankolis itu berarti bagi mereka yang sedih, bahkan lagu yang nge rock pun bagi mereka yang lagi gundah gulana juga bisa menjadi pelampiasan emosi, artinya lagu yang nge beat dan nge rock bukan alasan bahwa seseorang telah terlepas dari masalahnya karena justru melampiaskan emosi hanya sekedar pelampiasan sesaat karena sesungguhnya perasaan luka itu masih ada di dalam hati. “Wah kalau begitu berarti ada yang salah dong mengatakan musik sebagi salah satu media terapi ?”. Okelah… melihat musik dari sudut pandang mereka yang sedang bahagia agaknya gampang dijelaskan. Namun bagi mereka yang sedang bersedih, galau dan luka hatinya mungkin membutuhkan penjelasan khusus.

Cerita cinta remaja atau usia ABG tak luput dari tema-tema lagu yang nge trend di media radion maupun televisi. Seolah-olah mereka berfikir bahwa dalam lagu yang dinyanyikan adalah sebagian dari peran mereka. Ketika momen bahagia datang serentak nada lagu dalam musik mampu memberi angin segar yang menambah aroma keceriaan. Namun beberapa remaja yang mengalami rasa kesedihan justru sering memperkuat perasaannya dengan mendengar lagu sedih. Kemungkinan lainnya adalah adanya lagu atau musik dengan irama dan lirik yang sedih mampu mengingatkan kembali memory kenangan lama yang juga menyedihkan, mengorek-ngorek lagi sejarah masa lalu yang mampu membuat gusar saat waktu berjalan di masa kini.

Permasalahan bagi remaja atau ABG yang sedang labil mendengarkan lagu akan memperkuat perasaannya, ketika lagu sedih bergema dan dibalut dengan aroma percintaan yang kental, maka dengan sengaja drama dalam lirik lagu memberi ruang bagi remaja untuk berperan di dalamnya. Alhasil perasaan gundah gulana itu semakin kuat.

Maka mari kita coba untuk menyikapi sebuah musik secara lebih bijak, khususnya musik yang enak didengar dan memiliki pengaruh dalam realita kehidupan. Tentu setiap musik diciptakan karena ada latar belakang cerita dari pengarangnya entah itu bersifat fiksi atau fakta, tidak ada batasan dalam karya seni musik, entah seorang pengarang mencipta lagu bahagia atau sedih, justru yang ada adalah batasan bagaimana sebisa mungkin setiap pendengar dan penikmat lagu mampu bersikap secara positif. Bagaimana membuat musik atau lagu mempengaruhi realita hidup secara positif.

Khususnya bagi remaja yang mengalami rasa galau dan gelisah maka cobalah tips agar musik memberikan energi positif dalam hidup kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar