Claudhy Fitria. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

FISIKA MUSIK

Berlanjut dari hasil penelitian FISIKA BATIK yang kini tengah menjadi kerja enterpreneurship oleh rekan-rekan di acroBatik (http://www.acrobatik.biz), penelitian atas variasi dan potensi diversitas musik tradisional Indonesia, yang dirintis sejak dari tahun 2004 saat ini berhasil mendapatkan beberapa perkembangan yang sangat menggembirakan. Pada pertengahan tahun 2010 ini, tim peneliti Bandung Fe Institute,melalui supervisi Prof. Yohanes Surya, Ph.D, telah melahirkan inovasi baru dalam teknologi musik, yang disebut dengan “Fisika Musik”.

“Fisika Musik” ini mampu "menumbuhkan kecerdasan musikal" dalam perangkat komputasi. Inovasi ini memungkinkan komputer dapat membuat lagu baru secara otonom, tanpa intervensi manusia (seni generatif). Karya anak bangsa ini merupakan inovasi sains dan teknologi sebagai:

- Teknologi musik generatif pertama di dunia yang dibuat berdasarkan variasi musik tradisional.
- Teknologi musik generatif pertama di asia tenggara.

Penelitian ini dilakukan melalui pemetaan atas data lagu-lagu tradisional Indonesia, yang sekian lama telah dikumpulkan secara partisipatif melalui "Perpustakaan Digital Budaya Indonesia" (www.budaya-indonesia.org). Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kepada pihak-pihak yang telah menyumbangkan datanya di situs tersebut.

Versi awal dari “Fisika Musik” resmi dilucurkan ke publik pertama kali di Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2010, pada tanggal 23-27 Juni 2010. Untuk itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang telah membantu sosialisasi penelitian “Fisika Musik”.

Pada kesempatan ini, kami meluncurkan “MUSIQU”, sebuah album musik generatif pertama di Asia Tenggara. Karya ini dipersembahkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 65 dan mengingatkan kita akan kekayaan diversitas budaya melodis di kepulauan Indonesia. Risalah tentang album ini dapat dilihat pada: http://kopisantan.wordpress.com/2010/07/21/album-musiqu/

Mari Mencintai Indonesia, Mari Menginpirasi Dunia!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar